Kelas : A (Pra Sekolah)
Standar Kompetensi : 3. Mengenal lagu-lagu Buddhis sederhana dan ceria
Kompetensi Dasar : 3.3. Menyanyikan lagu Lilin Kecil
Waktu : 30 menit ( 1 kali pertemuan)
I. Tujuan
Siswa dapat:
1. Mendengarkan lagu Lilin Kecil
2. Mengikuti suara lagu Lilin Kecil
3. Menirukan gerak dan lagu Lilin Kecil
4. Mendemonstrasikan gerak dan lagu Lilin Kecil
II. Materi
KREASI ANAK AJAIB
Lagu : Lilin Kecil
Cipt. B. Saddhanyano
Lilin kecil menyala
Terangi kegelapan
Tak akan kubiarkan
Apinya padam
Nyala lilin bagaikan
Dhamma ajaran Buddha
Yang mampu menerangi
Hati Manusia
Nyalakanlah api Dharma dalam hatimu
Agar bahagia dan terang jalan hidupmu
Pilihlah satu anak sebagai sukarelawan. Tutup matanya untuk sementara waktu. Namakan dia ”Romo Pandita” atau yang lainnya. Pilihlah juga satu anak lainnya sebagai ”Anak Ajaib”. Rahasiakan agar ”Romo Pandita” tidak tahu siapa ”Anak Ajaib yang dimaksud”.
Nyanyikanlah lagu di atas, selama lagu dinyanyikan yang ditunjuk sebagai anak ajaib harus mempelopori suatu gerakan, misalnya dengan tepuk tangan, berdiri, duduk, memegang kepala, dll. Gerakan tersebut harus ditirukan oleh semua anak Sekolah Minggu. ”Romo Pandita” akan menebak siapakah Anak Ajaib, hal itu namapak dari siapa yang mempelopori gerakan-gerakan peserta lainnya.
Namun harus diingatkan, hanya gerakan yang sopan yang boleh ditiru. Beri kesempatan 2 – 3 kali menebak, kemudian pilih kembali peserta lain sebagai ”Romo Pandita” dan ”Anak Ajaib”. Makna dari cerita ini adalah anak-anak yang ajaib adalah anak yang mengerti dan dapat melaksanakan Dhamma dalam hidupnya.
II. Langkah-langkah Pembelajaran.
A. Pendahuluan
1. Periksalah keadaan kelas, apakah sudah tenang, siap mengikuti kegiatan pembelajaran atau belum. Jika keadaan belum memungkinkan maka tariklah perhatian siswa dengan yel-yel, gerakan penarik perhatian, kreasi tepuk tangan, menyapa mereka, menyanyi bersama, dll yang bertujuan agar siswa fokus terhadap pelajaran yang akan dimulai. Jangan memulai pelajaran sebelum keadaan memungkinkan.
2. Jika keadaan telah siap, mulailah membuka Pelajaran dengan memuji keagungan Buddha dengan mengucapkan “Namo Budhaya” kemudian ajaklah mereka membaca doa pembuka pelajaran, sbb:
“Terpujilah Tuhan YME, Para Buddha Bodhisattva Mahasattva. Aku belajar bukan untuk kesombongan dan keserakahan. Tetapi untuk mengikis kebodohanku dan menambah pengetahuanku. Semoga aku dapat belajar dengan baik dan benar. Semoga semua makhluk berbahagia.” Sadhu Sadhu Sadhu.
3. Sampaikan tujuan belajar hari ini kepada siswa agar mereka mengetahui sasaran yang ingin dicapai. Sampaikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti anak prasekolah.
B. Kegiatan Inti
1. Bentuklah ke dalam beberapa kelompok dengan kreasi pembentukan kelompok yang menarik, tanpa diketahui bahwa anak-anak sedang akan dibentuk menjadi per kelompok. Bentuklah kreasi duduk yang menarik. Adakan lomba kelompok terbaik selama mengikuti pelajaran.
2. Bangkitkan motivasi belajar mereka dengan berbagai cara. Dalam topik ini guru dapat membangkitkan motivasi siswa dengan cara membawa Lilin Kecil, atau menunjukkan gambar Lilin yang masih dirahasiakan (ditutup/dilipat). Tanyakan kepada siswa siapa yang pernah melihat luilin? Apa saja warna lilin? Apa fungsi lilin? dll. Biarkan mereka berbicara mengutarakan pendapat mereka masing-masing sebanyak-banyaknya.
3. Mulailah dengan kreasi ”Penyajian Lagu-lagu Buddhis Yang Menarik”. Dalam hal ini guru dapat memulainya dengan meminta ana-anak untuk mendengarkan lagu Lilin Kecil melalui kaset, VCD atau media lainnya. Bila mereka sama sekali belum pernah mendengar lagu ”Lilin Kecil” maka sebaiknya diajarkan terlebih dahulu cara menyanyi dengan benar dengan menggunakan teks dan notasi yang ada. (lihat lampiran)
4. Bagi anak-anak yang sudah bisa menyanyikan lagu Lilin Kecil sebalumnya maka sebaiknya diadakan kreasi dalam menyanyi, baik melalui permaian, olah vokal, dll.
5. Mulailah masuk ke lomba kelompok terbaik dalam menyanyikan lagu yang diajarkan.
6. Bimbinglah kelompok yang mengalami kesulitan, sambil menyisipkan penjelasan arti dan manfaat bernyanyi yang ceria. Layanilah siswa yang aktif bertanya dengan penuh kasih sayang dan kesabaran. Bersikaplah tegas terhadap anak yang manja, mengganggu teman dan tidak melaksankan tugas yang diberikan. Bila perlu jadikan mereka menjadi kelompok tersendiri yang perlu penanganan khusus. Kerjasama antar pembina dalam hal ini sangat penting.
C. Kegiatan Penutup
1. Guru dan siswa bersama-sama kembali mengulang menynyikan lagu Lilin Kecil, guru bersama siswa bersama-sama menyimpulkan makna lagu Lilin Kecil.
2. Umumkan segera kelompok/kreativitas mereka yang terbaik. Hargailah yang terbaik dengan pujian, hadiah, dll. Berikan dorongan bagi mereka yang belum berprestasi agar mereka terus berjuang dan belajar meraih prestasi terbaik.
3. Guru menyampaikan pesan-pesan penting untuk kegiatan berikutnya dan hal-hal yang harus diingat dan dikerjakan siswa.
4. Tutuplah pembelajaran dengan doa penutup belajar sbb:
”Terpujilah Tuhan Yang Maha Esa, Para Buddha dan Bodhisattva Mahasattva. Terimakasih kepada semua orang yang telah memimbingku belajar pada hari ini. Semoga semua kebajikan membuahkan kesehatan, keberuntungan dan kebahaagiaan. Semoga ilmu yang kupelajari berguna bagi diriku dan orang lain. Semoga Semua Makhluk Berbahagia” Sadhu, Sadhu, Sadhu.
5. Guru bersama siswa menempelkan hasil kreativitas anak di papan mading.
III. Alat dan Sumber Bahan
Alat :
Alat yang diperlukan adalah Kaset/VCD, Teks dan Notasi Lagu Lilin Kecil
Sumber Bahan :
-Buku Mari Bernyanyi Volume 1 (Mamit)
-Buku Membina GABI yang Kreatif
VI. Penilaian
Bentuk : Tugas
Teknik : Unjuk Kerja Kelompok (Lengkapi dengan rubrik seperti contoh pada KD 2.3)
Contoh Instrumen
1. Majulah salah satu perwakilan kelompok kalian untuk menynyikan lagu Lilin Kecil
2. Nyanyikanlah lagu Lilin Kecil bersama kelompokmu!
Followers
KATEGORI
PESAN SINGKAT ANDA
Menyanyikan Lagu Lilin Kecil
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 Komentar:
Posting Komentar