Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Mendemonstrasikan Sikap Pradaksina

Kelas : A (Pra Sekolah)
Standar Kompetensi : 1. Mengenal sikap penghormatan sesuai Buddha Dharma
Kompetensi Dasar : 1.3 Mendemonstrasikan sikap Pradaksina
Waktu : 30 menit ( 1 kali pertemuan)


I. Tujuan
Siswa dapat:
1. Menunjukkan sikap anjali
2. Melakukan sikap berdiri dengan tertib
3. Berbaris dalam satu barisan
4. Berjalan mengelilingi objek yang dihormati dengan tertib

II. Ringkasan Materi

Pradaksina, yaitu menghormati dengan cara mengelilingi obyek yang dihormati dengan bersikap anjali. Pradaksina juga merupakan sikap sujud, hormat mengagungkan jasa-jasa para Buddha, dan para Bodhisattva, sekaligus merupakan Samadhi dengan berjalan, pada umumnya dilakukan dengan mengikuti arah jarum jam.

III. Langkah-langkah Pembelajaran

A. Pendahuluan
1. Periksalah keadaan kelas, apakah sudah tenang, siap mengikuti kegiatan pembelajaran atau belum. Jika keadaan belum memungkinkan maka tariklah perhatian siswa dengan yel-yel, simulasi kunci mulut, lomba pendengar setia, menyapa mereka, menyanyi bersama, dll yang bertujuan agar siswa fokus terhadap pelajaran yang akan dimulai. Jangan memulai pelajaran sebelum keadaan memungkinkan.
2. Jika keadaan telah siap, mulailah membuka Pelajaran dengan memuji keagungan Buddha dengan mengucapkan “Namo Budhaya” kemudian ajaklah mereka membaca doa pembuka pelajaran, sbb:
“Terpujilah Tuhan YME, Para Buddha Bodhisattva Mahasattva. Aku belajar bukan untuk kesombongan dan keserakahan. Tetapi untuk mengikis kebodohanku dan menambah pengetahunaku. Semoga aku dapat belajar dengan baik dan benar. Semoga semua makhluk berbahagia.” Sadhu Sadhu Sadhu.
3. Sampaikan tujuan belajar hari ini kepada siswa agar mereka mengetahui sasaran yang ingin dicapai. Sampaikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti anak prasekolah.

B. Kegiatan Inti
1. Buatlah siswa menjadi beberapa kelompok dengan cara dan metode yang kreatif. Misalnya berhitung, menanyakan tentang warna, dll. Kemudian bentuklah kelompok berdasarkan nomor hitung atau jenis warna yang diungkapkan tadi.
2. Bangkitkan motivasi belajar mereka dengan berbagai cara. Dalam topik ini guru dapat membangkitkan motivasi siswa dengan cara menunjukkan gambar pradaksina yang masih dirahasiakan (ditutup/dilipat). Tanyakan kepada siswa Siapa yang masih ingat pelajaran minggu lalu, siapa yang sudah melaksanakan bersujud (Namaskara) ketika di depan altar Buddha. Masihkah ingat apakah yang mereka ucapkan ketika bersujud?, dll. Biarkan mereka berbicara mengutarakan pendapat mereka masing-masing sebanyak-banyaknya.
3. Lakukan lomba kelompok terbaik
4. Jelaskan cara, arti serta makna pradaksina dengan benar. Hal ini dapat dilakukan dengan kreasi Tamu Istimewa, misalnya Si Lucu Po datang, Tamu Rahasia, dll.
5. Ajaklah siswa untuk memperhatikan cara pradaksina yang benar
6. Tugaskan mereka untuk pradasina secara bersama-sama dengan kelompoknya.
7. Tugaskan mereka pradaksina per individu, dengan melafalkan nama Buddha.

C. Kegiatan Penutup
1. Guru dan siswa bersama-sama mempraktikan pradaksina dengan benar.
2. Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan tentang cara, arti, dan makna pradaksina yang benar.
3. Tutuplah pembelajaran dengan doa penutup belajar sbb:
”Terpujilah Tuhan Yang Maha Esa, Para Buddha dan Bodhisattva Mahasattva. Terimakasih kepada semua orang yang telah memimbingku belajar pada hari ini. Semoga semua kebajikan membuahkan kesehatan, keberuntungan dan kebahaagiaan. Semoga ilmu yang kupelajari berguna bagi diriku dan orang lain. Semoga Semua Makhluk Berbahagia” Sadhu, Sadhu, Sadhu.
4. Umumkan segera, pemenang lomba kelompok terbaik. Berikanlah penghargaan kepada mereka. Beri penguatan kepada yang belum menang agar terus berjuang pantang putus asa.
5. Sampaikan hal-hal penting untuk minggu depan dan hal-hal yang harus diingat siswa.

IV. Alat dan Sumber Bahan
A. Alat:
1. Alat yang diperluka adalah Gambar atau film cara beranjali.
2. Pensil warna, papan tempel, gunting, lem, dll. (Sesuaikan dengan kegiatan yang akan dilakukan)

B. Sumber Bahan
1. Berbagai Pustaka yang cocok
2. Buku Membina GABI Yang Kreatif
3. Narasumber
4. Lingkungan

V. Penilaian
Bentuk : Tes
Teknik : Tes Unjuk Kerja
Contoh Intrumen :
Tes Unjuk Kerja (dilengkapi Rubrik) Berupa kegiatan mendemonstrasikan cara berpradaksina dengan benar secara berkelompok maupun Individu.
1. Lakukan cara berpradaksina dengan benar baik secara individu maupun kelompok!

0 Komentar:

Posting Komentar

dasaparamita © 2008 Modification by: Yanto Susilo. Kirimkan pertanyaan dan informasi anda ke : dasaparamita@yahoo.com