Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Mengucapkan kata-kata Pujian

Kelas : A (Pra Sekolah)
Standar Kompetensi : 1. Mengenal sikap penghormatan sesuai Buddha Dharma
Kompetensi Dasar : 1. 4 Mengucapkan kata-kata pujian terhadap para Buddha dan Bodhisattva
Waktu : 30 menit ( 1 kali pertemuan)


I. Tujuan
Siswa dapat:
1. Menirukan ucapan pujian kepada para Buddha dan Bodhisattva
2. Mengeja tulisan Pujian kepada Buddha dan Bodhisattva
3. Menyusun tulisan pujian kepada Buddha dan Boddhisattva
4. Menjodohkan tulisan pujian kepada Buddha dan Bodhisattva dengan gambar Buddha dan Bodhisattva

II. Ringkasan Materi
Ada banyak kata pujian, misalnya Namo Buddhaya, Namo Dharmaya, Namo Sanghaya, Namo Amitofo, Namo Kwan Se Im Po Sat, Namo Sakyamuni, dll.

Kata “Namo Buddhaya”, artinya “terpujilah Sang Buddha”, dan ketika kita hendak mengucap Namo Buddhaya kita harus bersikap anjali terlebih dahulu, sebab ini adalah cara paling sopan ketika kita hendak menyebut nama Buddha, orang yang berjasa dan sangat kita hormati.

“Namo Buddhaya” bukan salam, tetapi kata-kata pujian terhadap guru junjungan kita Sang Buddha. Kata Namo Buddhaya lazim diucapkan jika kita hendak membahas Buddha Dhamma, misalnya berbincang Dhamma, diskusi Dhamma, belajar Dhamma, dll. Demikian juga lazim diucapkan jika kita hendak berbicara di depan kumpulan umat Buddha misalnya dalam kebaktian, rapat, dll. Hal ini harus dilakukan untuk menghormati guru junjungan kita Buddha Sakyamuni, karena berkat beliaulah umat Buddha memiliki jalan yang benar menuju Nibbana.

“Namo Buddhaya” tidak baik dan tidak lazim diucapkan di situasi dan suasana yang tidak resmi, misalnya di jalan, di kamar kecil, di warung, dll. Dalam situasi dan suasana demikian kita cukup bersikap anjali dengan penuh ketulusan. Dan bila ingin mengucapkan kata-kata salam maka sambil beranjali mengucapkan selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan lain-lain.

Demikian juga kata-kata pujian selain namo Buddhaya (Namo Amitofo, Namo Kwan Se Im Po Sat, dll) juga di lakukan dengan cara yang sama.

III. Langkah-langkah Pembelajaran

A. Pendahuluan
1. Periksalah keadaan kelas, apakah sudah tenang, siap mengikuti kegiatan pembelajaran atau belum. Jika keadaan belum memungkinkan maka tariklah perhatian siswa dengan yel-yel, menyapa mereka, menyanyi bersama, dll yang bertujuan agar siswa fokus terhadap pelajaran yang akan dimulai. Jangan memulai pelajaran sebelum keadaan memungkinkan.
2. Jika keadaan telah siap, mulailah membuka Pelajaran dengan memuji keagungan Buddha dengan mengucapkan “Namo Budhaya” kemudian ajaklah mereka membaca doa pembuka pelajaran, sbb:
“Terpujilah Tuhan YME, Para Buddha Bodhisattva Mahasattva. Aku belajar bukan untuk kesombongan dan keserakahan. Tetapi untuk mengikis kebodohanku dan menambah pengetahunaku. Semoga aku dapat belajar dengan baik dan benar. Semoga semua makhluk berbahagia.” Sadhu Sadhu Sadhu.
3. Bangkitkan motivasi belajar mereka dengan berbagai cara. Dalam topik ini guru dapat membangkitkan motivasi siswa dengan cara membawa huruf-huruf acak, atau menunjukkan gambar-gambar Buddha dan Bodhisattva yang masih dirahasiakan (ditutup/dilipat). Tanyakan kepada siswa siapa yang mengenal nama gambar-gambar tersebut. dll. Biarkan mereka berbicara mengutarakan pendapat mereka masing-masing sebanyak-banyaknya.
4. Sampaikan tujuan belajar hari ini kepada siswa agar mereka mengetahui sasaran yang ingin dicapai. Sampaikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti anak prasekolah.

B. Kegiatan Inti
1. Mulailah masuk ke topik pembahasan tentang Pradaksina. Ajaklah siswa untuk menirukan ucapan piujian kepada Buddha dan Bodhisattva bersama-sama, kemudian berkelompok, akhirnya per individu.
2. Tunjukkan kata-kata Pujin tersebut kepada mereka, kemudian ajaklah mereka mengenal huruf-huruf tersebut, mulailah mengeja bersama-sama, jika memungkinkan lakukan secara prosedur dari bersama-sama, kelompok, dan terkhir tugas individu.
3. Ajaklah siswa untuk mengenali huruf-huruf acak yang masih polos untuk menyusun kata-kata pujian tersebut. Tugaskan mereka untuk mewarnai huruf-huruf tersbut secara kelompok, kemudian tugaskan untuk menyusun kata-kata pujian tersebut.
4. Bimibinglah kelompok yang mengalami kesulitan, sambil menyisippkan penjelasan arti dan manfaat pujian. Layanilah siswa yang aktif bertanya dengan penuh kasih sayang dan kesabaran. Bersikaplah tegas terhadap anak yang manja, mengganggu teman dan tidak melaksankan tugas yang diberikan. Bila perlu jadikan mereka menjadi kelompok tersendiri yang perlu penangan khusus. Kerjasama antar pembina dalam hal ini sangat diiperlukan.

C. Kegiatan Penutup
1. Guru dan siswa bersama-sama kembali mengulang pengucapan pujian kepada Buddha dan Bodhisattva, guru bersama siswa bersama-sama menyimpulkan arti kata-kata pujiantersebut.
2. Umumkan segera hasil kerja kelompok/kreativitas mereka yang terbaik. Hargailah yang terbaik dengan pujian, hadiah, dll. Berikan dorongan bagi mereka yang belum berprestasi agar mereka terus berjuang dan belajar meraih prestasi terbaik.
3. Guru menyampaikan pesan-pesan penting untuk kegiatan berikutnya dan hal-hal yang harus diingat dan dikerjakan siswa.
4. Tutuplah pembelajaran dengan doa penutup belajar sbb:
”Terpujilah Tuhan Yang Maha Esa, Para Buddha dan Bodhisattva Mahasattva. Terimakasih kepada semua orang yang telah memimbingku belajar pada hari ini. Semoga semua kebajikan membuahkan kesehatan, keberuntungan dan kebahaagiaan. Semoga ilmu yang kupelajari berguna bagi diriku dan orang lain. Semoga Semua Makhluk Berbahagia” Sadhu, Sadhu, Sadhu.
5. Guru bersama siswa menempelkan hasil kreativitas anak di papan mading.

IV. Alat dan Sumber Bahan
A. Alat:
1. Alat yang diperluka adalah Huruf-huruf lepas, Tulisan NAMO BUDDHAYA, NAMO AMITOFO, NAMO KWAN SE IM PO SAT, DLL berskala besar.
2. Pensil warna, papan tempel, gunting, lem, dll.

B. Sumber Bahan
1. Buku Paritta
2. Buku Membina Gabi Yang Kreatif
3. Narasumber
4. Lingkungan

V. Penilaian
Tes Unjuk kerja. (Dengan Rubrik). Berupa kegiatan menirukan pengucapan kalimat, mengeja, mewarnai, dan menyusun huruf Namaskara Gatha.

0 Komentar:

Posting Komentar

dasaparamita © 2008 Modification by: Yanto Susilo. Kirimkan pertanyaan dan informasi anda ke : dasaparamita@yahoo.com