Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Menjalani Hidup Dengan Berani

Oleh : Harry Sutanto *

Hidup ini dapat menjadi petualangan yang menantang atau tidak berarti sama sekali. Demikaian bunyi kata bijak dari seorang yang luar biasa dengan cacat buta dan tuli bernama Helen Keller. Apa yang dikatakan bener adanya. Berapa banyak dari kita selama ini takut untuk mencoba, takut untuk melangkah, takut untuk melakukan sesuatu yang menurut kita bahwa kalau itu tercapai akan membuat kita bahagia, membuat kita berhasil dan bangga? Kita sudah membayangkan dulu hal-hal yang belum tentu terjadi, yang akhirnya mematikan semua potensi, energi, keinginan,kepuasan dan kebesaran yang kita inginkan.

Kita juga terbiasa menyalahkan pihak lain atas kelemahan dari ketidakberuntungan yang kita alami. Kita mengumpat dan mengutuk kenapa pemerintah tidak menciptakan lapangan kerja, kenapa saya di lahirkan dalam keluarga yang miskin, kenapa saya tidak bisa sekolah lebih tinggi,kenapa tampang saya tidak cantik/ganteng,kenapa...,kenapa....,kenapa....? Banyak sekali masalah dan kelemahan Anda di banding orang lain. Apakah Anda ingat apa yang Buddha katakan "Sangat mudah melihat kesalahan orang lain; sangat sukar melihat kesalahan diri sendiri".

Kalau kita tidak pernah berani keluar dari keadaan kita, maka jangan pernah salahkan siapapun atas kondisi demikian. Jangan katakan ini nasib saya, atau seseorang telah mengutuk atau menggunakan ilmu hitam terhadap anda. Apapun alasan yang Anda katakan, itu cuma hanya menutupi kelemahan diri Anda sendiri yang sebetulnya Anda hanya seorang pengecut yang ingin lari dari kenyataan!

Lihat kata bijak ini : Orang-orang yang berhasil di bumi ini adalah mereka yang bangkit dan mencari keadaan seperti yang mereka inginkan, dan jika mereka tidak menemukannya, mereka akan menciptakannya. (George Bernard Shaw). Hidup yang kita jalani ini penuh dengan perjuangan dan perubahan. Apabila kita tidak berani menjalani kehidupan yang sudah diberikan kepada kita, maka sebetulnya kita tidak pantas hidup dan menyia-yiakan kehidupan berharga yang sudah kita dapatkan. Apakah Anda mengetahui bahwa Buddha mengatakan bahwa terlahir sebagai manusia adalah tidak mudah. Jadi kalau hari ini Anda terlahir sebagai manusia. Itu adalah suatu berkah yang luar biasa dari kehidupan Anda.

Mengapa hanya karena masalah , keadaan dan problem serta kesulitan membuat Anda seperti tidak berdaya? Tahukah Anda bahwa seekor cacing pun masih hidup berguna untuk menggemburkan tanah, apalagi Anda sebagai seorang manusia? Hadapilah setiap perubahan dan keadaan yang tidak Anda sukai itu dengan berani untuk membuat perubahan, jika memang itu harus atau diperlukan. Berani menerima kenyataan atas kesulitan dan masalah Anda. Jangan lari untuk menghindar jika Anda mau membuat hidup ini penuh petualangan yang berarti dan menyenangkan. Sebagai seorang Buddhis kita memiliki suatu senjata yang sangat ampuh untuk bisa merubahnya yaitu dengan perbanyak melakukan perbuatan baik dan lakukan meditasi yang sudah terbukti teruji.

Confusius mengatakan "Kemenangan kita yang paling besar bukanlah karena kita tidak pernah jatuh, melainkan karena kita bangkit setiap kali kita jatuh." Justru dari kesulitan dan masalah yang Anda hadapi itu bisa membuat Anda menjadi lebih matang dan bijaksana dari yang lainnya. Sejarah membuktikan bahwa mereka-mereka yang sukses mengukir prestasi adalah karena faktor keberanian mereka untuk tidak mau menerima kenyataan hidup yang mereka alami.
Keberanian adalah suatu sikap untuk berbuat sesuatu dengan tidak terlalu merisaukan kemungkinan-kemungkinan buruk. Aristotle mengatakan bahwa, "The conquering of fear is the beginning of wisdom. Kemampuan menahklukkan rasa takut merupakan awal dari kebijaksanaan." Artinya, orang yang mempunyai keberanian akan mampu bertindak
bijaksana tanpa dibayangi ketakutan-ketakutan yang sebenarnya merupakan halusinasi belaka. Orang-orang yang mempunyai keberanian akan sanggup menghidupkan mimpi-mimpi dan mengubah kehidupan pribadi sekaligus orang-orang di sekitarnya.

Beberapa abad yang silam Virgil mengatakan, "Fortune favors the bold. – Keberuntungan menyukai keberanian." Marilah kita belajar dari para tokoh olah raga yang mempunyai prestasi berskala internasional, seperti Carl Lewis, Michael Jordan, Marilyn King dan lain sebagainya. Mereka mempunyai keberanian yang tinggi untuk menepis segala kekhawatiran akan keterbatasan dalam diri mereka. Karena itulah mereka mampu berprestasi di bidang olah raga dan tampil sebagai tokoh yang berkarakter.

Hanya diri kita yang mampu mengukur apakah keberanian kita cukup besar? Marilyn King mengatakan bahwa keberanian kita secara garis besar dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu visi (vision), tindakan nyata (action), dan semangat (passion). Ketiga hal tersebut mampu mengatasi rasa khawatir, ketakutan, dan memudahkan kita meraih impian-impian.

Jangan terlalu sering mengasihi diri Anda sendiri yang akhirnya Anda manja terhadap hidup ini. Tidak berani menantang kehidupan. Selalu pasrah dengan nasib dan menyalahkan pihak/orang lain. Buktikan, bahwa Anda dapat menjadi sesuatu, Anda dapat berbuat sesuatu, Anda dapat melakukan sesuatu untuk membuat hidup ini bahagia, indah dan berguna. Pepatah bijak mengatakan "Apa saja yang dapat Anda lakukan, atau impikan, lakukanlah. Keberanian mengandung kecerdasan pikiran, kekuatan dan keajaiban." (Goethe)
Keberhasilan tidak akan datang pada mereka yang hanya menunggu saja, dan tidak akan menunggu siapa saja untuk datang padanya. Jangan menyesali keadaan.

Keberanian merupakan aset yang sangat berharga bagi diri kita karena keberanian
bisa menjadikan sesuatu yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin. Keberanian bisa
menjadikan sikap negatif menjadi positip, loyo menjadi bersemangat, pasif menjadi
aktif; pesimis menjadi optimis miskin menjadi kaya, gagal menjadi SUKSES.
Manfaatkan Keberanian semaksimal mungkin dengan:
Berani Menentukan Cita-cita yang tinggi.
Berani Bangkit dari kegagalan.
Berani Belajar dari Kelemahan dan Kesalahan
Berani membayar Harga untuk Keberhasilan

( Penulis adalah seorang pengusaha dan motivator. Email : harry.sutanto9@gmail.com)

2 Komentar:

Irwan M Santika mengatakan...

Salam kenal, semoga bisa menjadi sahabat.

Sekedar info dan Minta dukungan nya untuk kontes SEO stop dreaming start action dengan hadiah yang cukup menarik. sebesar Rp. 25 juta rupiah

Terima kasih sebelumnya jika berkenan melakukan kunjungan dan komentar balik.

yanto mengatakan...

Dear Iran.

Terima kasih atas komentar anda, maaf kami baru bisa balas, karena kesibukan kami. Kami akan sangat senang jika dapat membantu, berikan saja informasinya, kami akan meneruskannya. terima kasih

Posting Komentar

dasaparamita © 2008 Modification by: Yanto Susilo. Kirimkan pertanyaan dan informasi anda ke : dasaparamita@yahoo.com