Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Menyebutkan nama-nama anggota keluarga Pangeran Sidharta

Kelas : A (Prasekolah)


Standar Kompetensi : 8. Mengenal keluarga pangeran Sidharta


Kompetensi Dasar : 8.1. Menyebutkan nama-nama anggota keluarga Pangeran Sidharta


Alokasi Waktu : 30 Menit (1 kali pertemuan)



I. Tujuan


Siswa dapat:


1. Menyebutkan nama kakek Pangeran Sidharta


2. Menyebutkan nama nenek pangeran Sidharta


3. Menyebutkan nama ayah pangeran Sidharta


4. Menyebutkan nama Ibu Pangeran Sidharta


5. Menyebutkan nama bibi Pangeran Sidharta


6. Meyebutkan nama istri Pangeran Sidharta


7. Menyebutkan nama anak Pangeran Sidharta



II. Uraian Materi


III. Langkah-langkah Pembelajaran



A. Pendahuluan


1. Periksalah keadaan kelas, apakah sudah tenang, siap mengikuti kegiatan pembelajaran atau belum. Jika keadaan belum memungkinkan maka tariklah perhatian siswa dengan yel-yel, kreasi tepuk tangan, simulasi kunci mulut, menyapa mereka, menyanyi bersama, dll yang bertujuan agar siswa fokus tehadap pelajaran yang akan dimulai. Jangan memulai pelajaran sebelum keadaan memungkinkan.


2. Jika keadaan telah siap, mulailah membuka pelajaran dengan memuji keagungan Buddha dengan mengucapkan "Namo Buddhaya" kemudian ajaklah mereka membaca doa pembuka pelajaran, sbb:


"Terpujilah Tuhan YME, Para Buddha dan semua Bodhisattva Mahasattva. Aku belajar bukan untuk kesombongan dan keserakahan. Tetapi untuk mengikis kebodohanku dan menambah pengetahuanku. Semoga saya dapat belajar dengan baik dan benar. Semoga semua makhluk berbahagia." Sadhu, sadhu, sadhu.


3. Motivasi : Tanyakan kepada siswa apakah pernah mendengar tentang anggota keluarga Pangeran Siddharta?


4. Pengetahuan prasarat: Mintalah peserta didik untuk menceritakan keluarga Pangeran Siddharta.


5. Sampaikan tujuan belajar hari ini dengan bahasa yang mudah dimengerti.



B. Kegiatan Inti.


1. Membentuk kelompok dengan kreasi yang kreatif untuk mengadakan lomba kelompok terbaik.


2. Bentuklah kreasi duduk yang menarik.


3. Mulailah memasuki topik pembahasan.Gunakan kreasi bercerita yang menarik misalnya dengan kreasi boom kejutan di awal cerita, cerita ilustrasi singkat, mendramatisasi awal cerita, dll (lihat buku membina GABI yang kreatif).


4. Gunakanlah trik membuat anak-anak tenang selama guru bercerita, misalnya dengan gerakan atau tindakan atau kata singkat penarik perhatian, mendekati anak yang gelisah, melibatkan anak dalam cerita, dll.


5. Lakukan tanya jawab pada tengah cerita, dan akhir cerita seputar topik yang disampaikan.


6. Ajaklah siswa untuk membuat kreativitas baik dengan mewarnai gambar, melengkapi gambar, menggambar, mengadakan permainan, kuis, menjodohkan gambar dengan tulisan, dll. (Pilih salah satu).



C. Penutup




    1. Guru dan siswa/peserta didik menyimpulkan nama-nama keluarga Pangeran Siddharta.

    2. Guru menyampaikan pesan dan makna tentang keluarga Pangeran Siddharta.

    3. Umumkan dengan segera kelompok terbaik. Hargailah kreativita anak baik dengan pujian, hadiah, dll. Berikan dorongan bagi mereka yang belum berprestasi agar mereka terus berjuang dan belajar meraih prestasi.

    4. Guru menyampaikan pesan-pesan penting untuk kegiatan berikutnya dan hal-hal yang harus diingat dan dikerjakan siswa.

    5. Tutuplah pembelajaran dengan doa penutup belajar sbb:

"Terpujilah Tuhan Yang Maha Esa, Para Buddha dan Bodhisattva Mahasattva. Terimakasih kepada semua orang yang telah membimbingku belajar pada hari ini. Semoga semua kebajikan membuahkan kesehatan, keberuntungan dan kebahagiaan. Semoga ilmu yang kupelajari berguna bagi diriku dan orang lain. Semoga semua makhluk hidup berbahagia" Sadhu, Sadhu, Sadhu,




    1. Guru dan siswa menempelkan hasil kreativitas anak di papan mading.


IV. Alat dan Sumber Bahan


Alat:


1. Gambar Silsilah Keluarga Pangeran Siddharta


2. Pensil warna jika ingin mewarnai gambar.


3. Gunting jika ingin merangkai gambar yang telah dipotong-potong.


4. Pensil/spidol jika siswa ingin diajak untuk menyempurnakan gambar, dll.



Sumber Bahan


1. Riwayat Hidup Buddha Gotama


2. Membina GABI yang kreatif.



V. Penilaian


Teknik : Tes


Bentuk Instrumen : 1. Tes Lisan (Mengacu pada tujuan belajar)


2. Tes Unjuk Kerja



Contoh Instrumen Tes Lisan:


1. Siapakah nama kakek Pangeran Sidharta


2. Siapakah nama nenek pangeran Sidharta


3. Siapakah nama ayah pangeran Sidharta


4. Siapakah nama Ibu Pangeran Sidharta



Contoh Tes Unjuk Kerja:


Tempelkan nama-nama status keluarga Pangeran Siddharta pada kolom yang tepat sesuai dengan silsilah keluargaNya!


Dll






::BCA::

0 Komentar:

Posting Komentar

dasaparamita © 2008 Modification by: Yanto Susilo. Kirimkan pertanyaan dan informasi anda ke : dasaparamita@yahoo.com