Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Menyanyikan Lagu Meditasi

Kelas : A (Pra Sekolah)
Standar Kompetensi : 3. Mengenal lagu-lagu Buddhis sederhana dan ceria
Kompetensi Dasar : 3.1 Menyanyikan lagu Meditasi
Waktu : 30 menit ( 1 kali pertemuan)


I. Tujuan
Siswa dapat:
1. Mendengarkan lagu Meditasi
2. Mengikuti suara lagu Meditasi
3. Menirukan gerak dan lagu Meditasi
4. Mendemonstrasikan gerak dan lagu meditasi

II. Materi
Kreasi dalam menyanyikan Vihara Gita (Lagu-laguBuddhis) agar menarik.

Secara umum guru biasanya tidak secara khusus menyiapkan lagu-lagu Buddhis anak-anak. Seringkali mereka berangggapan asal anak bisa menyanyi itu sudah cukup. Apalagi jika anak-anak menynyi dengan keras, guru sudah merasa puas sehigga Lagu-lagu Buddis biasanya tidak dipersiapkan dengan baik.

Pendapat ini tidak benar. ViharaGita (Lagu-lagu Buddhis) yang dipersiapkan dengan matang tidak kalah pentingnya dalam kegiatan kebaktian. Selain itu ia dapat mendukung cerita, juga dapat memberikan pengajaran Dhamma yang mudah diingat oleh anak-anak. Dalam keadaan takut, banyak persoalan atau dalam keadaan sakit, sedih, duka, dan lain sebagaianya, Vihara Gita yang mereka kenal akan menjadi obat yang sangat ampuh. Karena itu, menyanyikan lagu-lagu Buddhis anak-anak harus dipersiapkan dengan baik.

Berikut ini akan diberikan gambaran singkat sebagai pengetahuan dasar, jika guru ingin mengubah suasana menyanyikan lagu Buddhis yang menarik dan penuh dengan pesan Dhamma. Menyanyikan lagu-lagu Buddhis akan menarik sebab dikemas dalam kreasi penyajian yang menarik.

Kreasi penyajian lagu Buddhis yang menarik tersebut dapat dilakukan dengan cara:
a. Kreasi Permainan Sederhana
Kreasi ini dilakukan dengan membuat suatu permainan dalam menyanyikan lagu-lagu Buddhis. Melalui permainan ini, selain suasana menjadi menarik, anak-anak juga lebih memahami makna dai teks atau syair lagu yang dinyanyikan. Pilihlah atau cari lagu yang sesuai dengan permainan yang akan dimainkan.

b. Kreasi Simulasi Suatu Ajaran
Kreasi ini dilakukan dengan membuat suatu simulasi atau aktivitas menarik yang memperjelas tujuan dari lagu tersebut.

c. Kreasi Gerak
Lagu dinyanyikan sambil melakukan gerakan yang sesuai dengan isi teks lagunya.

d. Kreasi Tepuk Tangan
Cepat lambatnya dan keras lebutnya tepuk tangan dapat diaturdan dikreasi sedemikian, sehingga menghasilkan suasana nyanyian yang menarik.

e. Kreasi Vokal
Keras lembutnya lagu dapat diatur sedemikian, sehingga akan menghasilkan suasana yang menarik.

f. Kreasi Penyajian Dengan Menggunakan Alat Bantu
Alat bantu yang dapat digunakan antara lain; Sistem karaoke, alat peraga untuk menuliskan syair dan lagu tersebut, boneka atau alat peraga lainnya utuk memimpin nyanyian.


III. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan

1. Periksalah keadaan kelas, apakah sudah tenang, siap mengikuti kegiatan pembelajaran atau belum. Jika keadaan belum memungkinkan maka tariklah perhatian siswa dengan yel-yel, gerakan penarik perhatian, kreasi tepuk tangan, menyapa mereka, menyanyi bersama, dll yang bertujuan agar siswa fokus terhadap pelajaran yang akan dimulai. Jangan memulai pelajaran sebelum keadaan memungkinkan.
2. Jika keadaan telah siap, mulailah membuka Pelajaran dengan memuji keagungan Buddha dengan mengucapkan “Namo Budhaya” kemudian ajaklah mereka membaca doa pembuka pelajaran, sbb:
“Terpujilah Tuhan YME, Para Buddha Bodhisattva Mahasattva. Aku belajar bukan untuk kesombongan dan keserakahan. Tetapi untuk mengikis kebodohanku dan menambah pengetahuanku. Semoga aku dapat belajar dengan baik dan benar. Semoga semua makhluk berbahagia.” Sadhu Sadhu Sadhu.
3. Sampaikan tujuan belajar hari ini kepada siswa agar mereka mengetahui sasaran yang ingin dicapai. Sampaikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti anak prasekolah.

A. Kegiatan Inti

1. Bentuklah kedalam beberapa kelompok dengan kreasi pembentukan kelompok yang menarik, tanpa diketahui bahwa anak-anak sedang akan dibentuk menjadi per kelompok. Bentuklah kreasi duduk yang menarik. Adakan lomba kelompok terbaik selama mengikuti pelajaran.
2. Bangkitkan motivasi belajar mereka dengan berbagai cara. Dalam topik ini guru dapat membangkitkan motivasi siswa dengan cara membawa teks lagu meditasi, atau menunjukkan gambar anak sedang meditasi yang masih dirahasiakan (ditutup/dilipat). Tanyakan kepada siswa siapa yang suka bermeditasi? Bagaimana cara bermediatasi?dll. Biarkan mereka berbicara mengutarakan pendapat mereka masing-masing sebanyak-banyaknya.
3. Mulailah dengan kreasi ”Penyajian Lagu-lagu Buddhis Yang Menarik”. Dalam hal ini guru dapat memulainya dengan meminta ana-anak untuk mendengarkan lagu meditasi melalui kaset, VCD atau media lainnya. Bila mereka sama sekali belum pernah mendengar lagu ”Meditasi” maka sebaiknya diajarkan terlebih dahulu cara menyenyi dengan benar dengan menggunakan teks dan notasi yang ada. (lihat Materi)
4. Bagi anak-anak yang sudah bisa menyanyikan lagu meditasi sebalumnya maka sebaiknya diadakan kreasi dalam menyanyi, baik melalui permaian, olah vokal, dll.
5. Mulailah masuk ke lomba kelompok terbaik dalam menyanyikan lagi yang diajarkan.
6. Bimibinglah kelompok yang mengalami kesulitan, sambil menyisipkan penjelasan arti dan manfaat bernyanyi yang ceria. Layanilah siswa yang aktif bertanya dengan penuh kasih sayang dan kesabaran. Bersikaplah tegas terhadap anak yang manja, mengganggu teman dan tidak melaksankan tugas yang diberikan. Bila perlu jadikan mereka menjadi kelompok tersendiri yang perlu penangan khusus. Kerjasama antar pembina dalam hal ini sangat penting.

B. Kegiatan Penutup

1. Guru dan siswa bersama-sama kembali mengulang menynyikan lagu Meditasi, guru bersama siswa bersama-sama menyimpulkan makna lagu meditasi.
2. Umumkan segera kelompok/kreativitas mereka yang terbaik. Hargailah yang terbaik dengan pujian, hadiah, dll. Berikan dorongan bagi mereka yang belum berprestasi agar mereka terus berjuang dan belajar meraih prestasi terbaik.
3. Guru menyampaikan pesan-pesan penting untuk kegiatan berikutnya dan hal-hal yang harus diingat dan dikerjakan siswa.
4. Tutuplah pembelajaran dengan doa penutup belajar sbb:
”Terpujilah Tuhan Yang Maha Esa, Para Buddha dan Bodhisattva Mahasattva. Terimakasih kepada semua orang yang telah memimbingku belajar pada hari ini. Semoga semua kebajikan membuahkan kesehatan, keberuntungan dan kebahaagiaan. Semoga ilmu yang kupelajari berguna bagi diriku dan orang lain. Semoga Semua Makhluk Berbahagia” Sadhu, Sadhu, Sadhu.
5. Guru bersama siswa menempelkan hasil kreativitas anak di papan mading.


IV. Alat dan Sumber Bahan
Alat :
Alat yang diperlukan adalah Kaset/VCD, Teks dan Notasi Lagu Meditasi

Sumber Bahan :
1. Buku Mari Bernyanyi Volume 1 (Mamit)
2. Buku Membina GABI yang Kreatif

V. Penilaian
Bentuk : Tugas
Teknik : Unjuk Kerja Kelompok

Contoh Instrumen:
1. Majulah salah satu perwakilan kelompok kalian untuk menynyikan lagu Meditasi.
2. Nyanyikanlah lagu Meditasi bersama kelompokmu!

0 Komentar:

Posting Komentar

dasaparamita © 2008 Modification by: Yanto Susilo. Kirimkan pertanyaan dan informasi anda ke : dasaparamita@yahoo.com