Translate to : English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

APA & BAGAIMANA SMB?

It is not the strongest of the species that survive, nor the most intelligent, but the one most responsive to change
Bukan yang terkuat yang mampu bertahan, juga bukan yangpaling cerdas, melainkan yang paling tanggap terhadap perubahan
Charles Darwin (1809-1882)

APA & BAGAIMANA SMB?

Apa SMB?
Ø Kegiatan pendidikan keagamaan non formal yang menyenangkan.
Bagaimana pendidikan yg menyenangkan?
-Disana ada ceria.
-Disana ada cinta.
-Disana ada kedamaian.
-Disana ada toleransi
-Disana ada kerjasama dan persahabatan

Ada ceria
- Pembina harus dpt membawa keceriaan
Jangan sampai muncul pertanyaan sbb:

"Mimpikah diriku melihat dirimu
Walau kau berada dekat disisiku namun terasa jauh
Dimana ceriamu ciri khas dirimu
Dimana manjamu dimana candamu
Yang kusuka darimu
Kau bukan dirimu lagi, kau bukan yang dulu lagi
Kini kusadari sayang, kau bukan dirimu"


Ada cinta
- Pembina datang ke SMB dg cinta, karena cinta, dan demi cinta kpd Dhamma dan anak-anak.
- Mengajar SMB jangan karena terpaksa.
- Juga bukan sekedar saja dlm mengajar
- Juga jgn karena mengharap manisnya imbalan
- JIKA PEMBINA KARENA TERPAKSA MAKA ANAK-ANAK AKAN :

MENCARI JALAN TERBAIK
Sepanjang kita masih terus begini
Takkan pernah ada damai bersenandung
Kemesraan antara kita berdua
Sesungguhnya keterpaksaan saja

Senyum dan tawa hanya sekedar saja
Sbagai pelengkap sandiwara
Berawal dari manisnya kasih sayang
Terlanjur kita hanyut dan terbuai

Kucoba bertahan mendampingi dirimu
Walau kadang kala tak seiring jalan
Kucari dan selalu kucari jalan terbaik
Agar tiada penyesalan dan air mata



KARENA ITU Guru/Pembina SMB harus selalu MENCARI JALAN TERBAIK demi CINTANYA KEPADA ANAK DIDIK

Bagaimana keadaan SMB kita:
Apakah SMB sudah terencana dg baik?
Apakah kualitas pembina sudah optimal?
Apakah dukungan dari staekholder sudah maksimal?
Apakah dana opersional sudah memadai?
Apakah sarana dan prasarana sudah mencukupi?

1. Perencanaan kegiatan SMB
Apakah perangkat organisasi SMB telah berfungsi dg baik?
Apakah program jangka panjang, jangka menengah, jangka pendek SMB telah ditetapkan?
Apakah para pembina SMB telah direncanakan dan ditetapkan dg benar?
Apakah persiapan mengajar telah dibuat dg baik?
Apakah pelaksanaan kegiatan SMB telah dikontrol & dievaluasi dengan benar?

KUALIFIKASI PEMBINA SMB
- KUALIFIKASI AKADEMIK?
Apakah ia harus Sarjana, SMA, SMP, SD, atau tidak berijazah?

Kualifikasi akademik Pembina SMB yg ideal?
• Harus memiliki pengetahuan Buddhadhamma yg cukup baik.

- KUALIFIKASI PROFESIONAL?
Memiliki pengetahuan dan kemampuan mengajar.
Memiliki pengetahuan dan kemampuan menyusun dan melaksanakan program pengajaran.
Memiliki pengetahuan dan kemampuan menyusun dan melaksanakan penilaian dan evaluasi.
Memiliki pengetahuan dan kemampuan kreativitas pembinaan SMB.

Memiliki pengetahuan dan kemampuan kreativitas pembinaan SMB.
- Ada beberapa kreativitas yg harus diperhatikan agar GABI selalu menarik, yaitu:
- Kreativitas dalam bernyanyi
- Kreativitas dalam “berdoa”
- Kreativitas dalam acara istimewa
- Kreativitas dalam bercerita
- Kreativitas dalam aktivitas
- Kreativitas dalam menutup acara
- Kreativitas dalam Dana Paramita
- Kreativitas dalam menyusun tempat
- Kreativitas dalam menyampaikan pengumuman

Kreativitas dalam bernyanyi
Benyanyi sambil bermain

MENCARI TEMAN DHAMMA

Mana di mana kucari teman Dhamma
Teman Dhamma saya ada di vihara
Mana di mana kudapat deman Dhamma
Teman Dhamma saya ada di samping kamu
Cari-carilah dia, tangkap-tangkaplah dia
Cari temanmu teman dalam Dhamma

Malu dan takut
Jadi anak jangan pemalu,
Apalagi malu-maluin
Jadi anak jangan penakut,
Apalagi suka nakut-nakutin
(ucapkan SIAP GRAK DOOR)

Boleh takut kalu berbuat jahat
Boleh takut kalau berbuat salah
Maka jadilah engkau anak yang baik
Sesudah besar jadi orang berguna
(ucapkan SIAP GRAK DOOR)

Kreativitas dalam “berdoa”
Ø Membisikkan doa pd satu anak
Ø Degan teks doa
Ø Doa berantai
Ø Sikap doa
Ø Doa satu kalimat
Ø Doa kelompok
Ø Menghafal teks doa

Kreativitas dalam acara istimewa
Ø Misteri rahasia
- Makanan yang tidak pernah habis
- Pohon yg dapat bicara
- Penyelidikan profesor
Ø Tamu Istimewa
- Si Mamit datang
- Berdialog dg siswa utama Buddha
- Kunjungan khusus

Kreativitas dalam bercerita
Ø Trik membuat anak tenang
- Simulasi kunci mulut
- Ikrar bersama
- Lomba pendengar setia
- Kuis cobalah tebak
- Mendekati anaki yg gelisah
- Gerak/kata penarik perhatian
Ø Metode Guru bercerita
- Ilustrasi singkat
- Suara tiruan
- Kalimat puitis

Kreativitas dalam aktivitas
Ø Mewarnai gambar
Ø Kreasi tugas kelompok
Ø Membuat surat

Kreativitas dalam menutup acara
Ø Syair penyadaran diri
Ø Acara ulang tahun
Ø Upacara penerimaan anak baru
Ø Tradisi lagu penutup

Kreasi Duduk
Ø Lingkaran
Ø Setengah lingkaran
Ø Kotak
Ø Formasi U
Ø Formasi V
Ø Formasi Baris
Ø Formasi Lajur
Ø Formasi kelompok kecil
Ø Formasi kelompok besar

Kreasi dalam Berdana Paramita
Ø Lomba cerdas tangkas Dhamma
Ø Lomba kerapihan ber[akaian
Ø Super aktif
Ø Prestasi

Kreasi Pengumuman
Ø Warta Berita
Ø Tamu Khusus
Ø Anak membaca Pengumuman
Ø Kejutan

0 Komentar:

Posting Komentar

dasaparamita © 2008 Modification by: Yanto Susilo. Kirimkan pertanyaan dan informasi anda ke : dasaparamita@yahoo.com